Cara Memperbaiki GPS di iPhone Tidak Berfungsi dengan Baik

Jangan panik dan menyerah jika GPS di iPhone tidak berfungsi dengan baik. Ada banyak cara memperbaiki GPS di iPhone tidak berfungsi yang bisa dipraktekkan dengan mudah dan cepat.

GPS di iPhone Tidak Berfungsi

Satu Trik, GPS iPhone, karena satu dan lain hal bisa tidak berfungsi atau bekerja tidak akurat. Masalah GPS tersebut merupakan masalah umum dimana solusinya tidak memerlukan trik khusus. Cara memperbaiki GPS di iPhone tidak berfungsi bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa solusi umum yang terbukti ampuh.

GPS di iPhone Tidak Berfungsi
GPS di iPhone Tidak Berfungsi

Yang bisa menjadi komplikasi dari masalah tersebut adalah apabila GPS di iPhone tidak bisa berfungsi ketika sedang berada dalam perjalanan. Selain emosi dan jengkel, masalah tersebut juga bisa berdampak pada keamanan dan keselamatan pengguna. Tersesat di jalan apalagi di area yang asing bukan hal yang baik.

Beragam Solusi GPS di iPhone Tidak Berfungsi

Masalah GPS iPhone tidak berfungsi sebaiknya langsung ditangani. Terlebih, jika Anda sering bepergian dan mengandalkan GPS tersebut sebagai navigator. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut beragam. Tidak perlu panik, karena Anda sendiri bisa menyelesaikan masalah ini tanpa perlu datang ke tukang servis.

GPS iPhone yang tidak berfungsi umumnya disebabkan oleh masalah pada jaringan dan masalah pada pengaturan jaringan. Menghidupkan ulang aplikasi GPS di sana, umumnya bisa menyelesaikan masalah. Berikut adalah berbagai cara memperbaiki GPS iPhone tidak bisa berfungsi yang harus Anda ketahui.

Hidupkan Ulang iPhone

Menghidupkan ulang atau merestart iPhone selalu bisa menjadi solusi yang diandalkan, termasuk ketika GPS di sana tidak berfungsi. Matikan iPhone, tunggu sebentar, kemudian hidupkan kembali. iPhone akan berada dalam keadaan segar dimana masalah yang ada sebelumnya umumnya tidak muncul kembali.

2. Pastikan Internet Lancar dan Stabil

Koneksi internet diperlukan agar GPS mampu bekerja dengan baik dan memberikan manfaatnya untuk Anda. Untuk memastikan internet lancar dan stabil, Anda bisa melakukan 3 trik berikut ini.

  • Jika berada di area yang tertutup bangunan, ruangan, atau gedung besar, segera pindah dan cari lokasi terbuka. GPS umumnya tidak bekerja dengan baik ketika hujan lebat dan berada di terowongan. Berada di ruang terbuka akan membuat GPS kembali hidup.
  • Jika Anda menggunakan dan mengandalkan data seluler, maka pastikan data tersebut hidup.
  • Jika koneksi wifi tersedia di sekitar dan bisa diandalkan, pastikan koneksinya Anda dapatkan.

3. Update iOS iPhone dan Aplikasi

Solusi selanjutnya yang bisa Anda coba adalah melakukan pembaruan iOS iPhone. Update OS tersebut ke versi terbaru untuk mendapatkan semua fitur yang tersedia.

Anda juga bisa memeriksa versi aplikasi dari layanan GPS yang digunakan. Lakukan update untuk memastikan semua fitur bekerja dengan baik.

4. Alihkan Mode Pesawat atau Layanan Lokasi

Coba sekarang, aktifkan mode pesawat selama 30 detik saja. Setelah itu, matikan dan periksa apakah GPS sudah kembali berfungsi.

Cara memperbaiki GPS di iPhone tidak berfungsi selanjutnya adalah mematikan dan menghidupkan layanan lokasi. Trik tersebut pada beberapa kesempatan cukup ampuh.

5. Atur Ulang Tanggal dan Waktu

Hal yang mungkin menjadi penyebab GPS tidak berfungsi dengan baik adalah pengaturan tanggal dan waktu yang tidak tepat.

Solusinya tentu dengan mengatur ulang tanggal dan zona waktu di Iphone Anda. Caranya adalah:

  • Buka pengaturan, pilih Umum, dan pilih Tanggal & Waktu. Pilih saja Atur Secara Otomatis.

6. Setel Ulang Jaringan

Anda bisa mencoba mengatur atau menyetel ulang jaringan seluler dan internet yang digunakan. Koneksi internet dari wifi dan sumber lain bisa Anda setel ulang agar segar kembali nantinya.

Biasanya, cara ini berhasil mengatasi berbagai masalah yang ada hubungannya dengan kelancaran internet yang digunakan.

Baca juga: 7 Trik Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Jika cara memperbaiki GPS di iPhone tidak berfungsi di atas sudah dicoba dan gagal, solusi terakhir adalah mengembalikan iOS ke setelan pabrik. Solusi terakhir umumnya jarang dilakukan. Ke-6 solusi di atas pada banyak kesempatan mampu menyelesaikan masalah GPS iPhone tidak berfungsi dengan baik.