Cara Mengaktifkan Akun FB yang Dihapus Permanen

By | April 18, 2021

Satu Trik, Apabila Anda ingin mengaktifkan akun facebook yang sudah dihapus permanen dapat dilakukan melalui proses banding. Namun, sebelum mengajukan banding pengguna FB diwajibkan mempunyai ID/KTP atau Kartu Identias.

Cara Mengaktifkan Kembali Akun FB yang Dihapus Permanen

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Facebook yang Dihapus Permanen

Trik ini hanya untuk para pengguna yang menggunakan akun facebook asli. Ciri-ciri akun Facebook asli adalah data akun sesuai yang ada di identitas resmi. Nah, berikut langkah-langkah memulihkan akun facebook yang dinonaktifkan.

  • Siapkan kartu identitas (ID) atau tanda pengenal berfoto, diantaranya adalah SIM, KTP atau Paspor.
  • Data pada akun facebook harus sama dengan data pada ID.
  • Scan (pindai) atau ambil salinan dari salah satu dokumen tersebut.
  • Buka akun fb lalu masuk ke halaman formulir pengajuan banding.
  • Isi data sesuai permintaan pada formulir dan masukkan ID yang telah disiapkan.
  • Kirim dan tunggu hasil banding di kotak masuk email.

Anda bisa baca dan pelajari penjelasan lengkapnya dibawah ini:

1. Menyiapkan Kartu Identitas/KTP (ID)

Kartu identitas atau yang biasa disebut dengan istilah Tanda Pengenal Berfoto merupakan syarat mutlak yang digunakan untuk mengajukan banding. Anda dapat menggunakan daftar ID seperti SIM, KTP dan Paspor.

Cara pengambilan scan identitas tidak boleh sembarangan, ada aturan agar ID Anda diterima facebook. Misalnya:

  • Pastikan scan kartu identitas dengan utuh/tidak boleh terpotong, jadi semua sisi harus terlihat penuh. seperti gambar di bawah ini:

Cara Mengaktifkan Kembali Akun FB yang Dihapus Permanen
  • Data harus dapat dibaca dengan jelas, terutama pada bagian Nama, Tanggal lahir, Kota asal/tempat kelahiran dan foto yang ada di ID.

2. Mengajukan Banding

Anda bisa mengajukan banding dengan mengisi formulir. Silahkan masuk ke link berikut ini: https://www.facebook.com/help/contact/260749603972907. Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman formulir pengajuan banding seperti contoh pada gambar dibawah ini.

Cara Mengaktifkan Kembali Akun FB yang Dihapus Permanen
Pengisian formulir banding akun facebook adalah sebagai berikut:
  • Kolom pertama isi alamat email atau nomor telepon yang terkait di akun.
  • Kolom kedua isi Nama profil. Pastikan sesuai nama yang ada di kartu identitas.
  • Kolom File isi kartu identitas Anda yang telah disiapkan.
  • Klik Kirim.

3. Proses Peninjauan

Biasanya proses peninjauan memakan waktu kurang dari 24 jam. Jika tidak kunjung mendapat balasan dari facebook, Anda bisa melakukan banding ulang.

Jika identitas Anda diterima facebook, maka akun Anda sudah aktif dan mendapatkan pesan di kotak masuk email dari facebook yang berisi keterangan sebagai berikut:

“Terima kasih telah mengonfirmasi identitas Anda. Kami telah membuka penguncian akun Anda, dan sekarang Anda sudah dapat masuk. Mohon maaf atas ketidak nyamanan ini”
Cara Mengaktifkan Kembali Akun FB yang Dihapus Permanen
Setelah Anda mengirimkan salinan ID, salinan itu akan disimpan dengan aman. ID Anda tidak akan dapat dilihat siapa pun di Facebook.

Untuk memastikan keaslian ID yang digunakan untuk mengonfirmasi identitas, facebook menggunakan sistem peninjauan manual dan otomatis. Langkah tersebut untuk mencagah penyalahgunaan seperti penyamaran dan penipuan.

Untuk membantu meningkatkan sistem facebook dalam mengenali ID palsu, facebook meminta izin kepada Anda untuk menggunakan salinan terenkripsi ID Anda hingga paling lama satu tahun.

ID Anda tidak digunakan untuk tujuan tersebut kecuali diberitahukan saat Anda mengirimkannya ke facebook.

Jika ID Anda tidak ingin dgunakan untuk meningkatkan sistem otomatis facebook dalam mengenali ID palsu, Anda dapat menyesuaikan Pengaturan Konfirmasi Identitas.

Cara Mengaktifkan Kembali Akun FB yang Dihapus Permanen
Apabila Anda menonaktifkan opsi tersebut, salinan ID Anda akan dihapus dalam waktu 30 hari setelah dikirimkan atau saat Anda menonaktifkan opsi tersebut.

Penting: Facebook akan menggunakan ID atau dokumen resmi untuk mengonfirmasi identitas Anda. Facebook juga akan menggunakan informasi tersebut untuk membantu mendeteksi dan mencegah penyamaran atau pencurian ID, yang akan membantu menjaga keamanan Anda dan Komunitas Facebook.

Artinya informasi tersebut tidak akan dubagikan ke profil Anda atau dengan Admin lain di halaman yang Anda kelola. Setelah mengonfirmasi identitas, Facebook akan menghapus dokumen atau ID anda dalam waktu 30 hari.

Mengapa Akun Facebook Anda Bisa Dihapus? 

Ada banyak alasan mengapa akun facebook bisa dihapus, salah satunya adalah tidak mematuhi ketentuan facebook. Seperti beberapa alasan di bawah ini:

  • Menggunakan nama palsu. Dalam kasus ini, facebook mewajibkan setiap penggunannya untuk menggunakan nama profil sesuai dalam kehidupan sehari-hari.
  • Memposting foto atau video dan kata-kata yang tidak pantas.
  • Menyamar sebagai orang lain.
  • Terus melakukan perilaku yang dilarang di facebook dengan melanggar Standar Komunitas Facebook.
  • Menghubungi seseorang bertujuan melecehkan, promosi, beriklan, dan perbuatan atau perilaku lainnya yang menyimpang.

Cara Agar Akun Facebook Tidak dihapus Kembali

Sebaiknya Anda harus patuhi standar komunitas Facebook agar kedepannya akun Anda tidak akan dihapus/dinonaktifkan kembali. Beberapa alasan utama akun facebook dihapus seperti yang tertera di bawah ini.

Harap diperhatikan bahwa Standar Komunitas versi bahasa Inggris AS menunjukkan serangkaian kebijakan yang terbaru dan harus digunakan sebagai dokumen induk.

  • Tindak Kekerasan dan Kriminal
  • Keamanan
  • Konten yang Menyinggung
  • Integritas dan Keaslian
  • Menghormati Hak Kekayaan Intelektual
  • Permintaan dan Keputusan Terkait Konten
Anda bisa baca selengkapnya di pedoman Standar Komunitas Facebook.

Kesimpulan

Itulah artikel tentang cara mengaktifkan akun facebook yang dihapus permanen. Sebaiknya hindari postingan yang berbau sara dan spam jika ingin akun fb Anda aman dan tidak dihapus pihak Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *