Cara Memainkan Rebab

Cara Memainkan Rebab. Rebab mempunyai ukuran yang lebih kecil dan badan yang panjang nan bula serta leher yang panjang. Alat ini tersebar ke banyak kawasan dunia islam melalui. Alat Musik Rebab : Sejarah, Asal Daerah …

Cara Memainkan Rebab. Rebab mempunyai ukuran yang lebih kecil dan badan yang panjang nan bula serta leher yang panjang. Alat ini tersebar ke banyak kawasan dunia islam melalui.

Alat Musik Rebab : Sejarah, Asal Daerah & Cara Memainkannya
Alat Musik Rebab : Sejarah, Asal Daerah & Cara Memainkannya from www.nesabamedia.com

Alat musik rebab merupakan salah satu alat musik yang hampir semua orang sudah tak asing lagi dengan penyebutan nya. Cara memainkan rebab sangat mirip dengan alat musik biola akan tetapi berbeda posisi ketika memainkannya, rebab dimainkan dengan posisi tegak, jika biola dimainkan dengan bertumpu leher musisinya. Cara bermain rebab yaitu dengan digesek, instrumen tradisional lainnya yang memiliki wujud yang serupa dengan rebab yaitu instrumen yang bernama ohyan yang resonatornya terbuat dari tempurung kelapa.

Ada Dua Jenis Rebab Yang Bisa Kita Temukan Saat Ini, Yaitu Rebab Yang Memiliki Tangkai Di Bagian Bawah Dan Rebab Yang Tidak Bertangkai Sehingga Harus Dipangku Saat Memetiknya.

Dimainkan dengan cara di gesek, alat musik tradisonal rebab badannya memakai kayu nangka dan berongga di bagian dalam ditutup dengan kulit lembu yang dikeringkan sebagai pengeras suara. Rebab dianggap merupakan keluarga kecapi. Pemain dapat menggesek bagian dawainya menggunakan busur yang sudah disediakan.

Rebab Adalah Salah Satu Alat Musik Melodi Yang Banyak Digunakan Dalam Kesenian Melayu, Khususnya Sumatera, Jawa, Dan Kalimantan.

Rebab termasuk dalam jenis alat musik pentatonic karena terdiri dari 5 nada dalam satu oktaf sekaligus. Rebab menggunakan penggesek dan mempunyai tiga utas tali daripada dawai logam. Cara bermain rebab yaitu dengan digesek, instrumen tradisional lainnya yang memiliki wujud yang serupa dengan rebab yaitu instrumen yang bernama ohyan yang resonatornya terbuat dari tempurung kelapa.

Cara Membuat Alat Musik Rebab.

Ada dua jenis rebab yang bisa kita temukan saat ini, yaitu rebab yang memiliki tangkai di bagian bawah dan rebab yang tidak bertangkai sehingga harus dipangku saat memetiknya. Cara memainkan rebab dilakukan dengan duduk bersila, bagian bawah rebab ditaruh didepan kaki dan posisi rebab menghadap ke depan. Alat ini tersebar ke banyak kawasan dunia islam melalui.

Jika Dilihat Sekilas Cara Memainkan Alat Musik Rebab Khas Kalimantan Mirip Dengan Cara Memainkan Alat Musik Kecapi Yang Menjadi Ciri Khas Suku Dayak Kaltim.

Cara memainkannya tidak harus sesuai dengan skala instrumen alat musik lain, alias bisa dikreasikan secara bebas Yuk ketahui alat musik betawi demikian beberapa alat musik tradisional asal jawa tengah yang menjadi sejarah serta peninggalan nusantara. Artinya permainan rebab sangat sederhana dan siapapun bisa.

Dalam Kesenian Betawi Alat Musik Rebab Menjadi Salah Satu.

Untuk memainkan rebab adalah dengan cara dipetik, dan ada pula di beberapa daerah rebab dimainkan dengan cara digesek. Alat musik rebab merupakan salah satu alat musik yang hampir semua orang sudah tak asing lagi dengan penyebutan nya. Cara memainkan alat musik rebab by karawangtoday.com seperti yang sudah dijelaskan diatas alat musik rebab merupakan kelompok alat musik gesek , karena cara memainkannya yaitu dengan digesek menggunakan busur penggesek pada dawainya.

Tinggalkan komentar